Blogger templates

Pengaruh Tindakan Masa Kini terhadap Persatuan


      Indonesia terdapat berbagai macam kebudayaan dan kekayaan yang membuat Indonesia menjadi negara majemuk. Selain kekayaan yang ada di Indonesia, Indonesia juga memiliki jumlah penduduk yang banyak. Namun di sisi lain, ada beberapa tindakan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia. Beberapa tindakan itu diantaranya munculnya hoax, timbulnya rasisme, fanatisme, diskriminasi, dan lain sebagainya. 
       Hoax merupakan informasi atau berita palsu yang tidak diketahui kebenarannya. Hoax ini bisa terjadi akibat kurangnya literasi terdapat berita-berita, hanya mempercayai satu sumber tanpa mencari tahu lebih lanjut mengenai kebenaran berita tersebut. Selanjutnya, terdapat tindakan rasisme. Rasisme merupakan sebuah perbedaan pandangan baik terhadap suku, budaya, ras, maupun agama dan merasa ras atau suku sendiri yang paling benar. Fanatisme merupakan tindakan atau paham yang menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu. Fanatisme muncul akibat ajaran-ajaran tertentu atau sesuatu yang membuat mereka tertarik secara berlebihan. 
      Namun dibalik tindakan-tindakan yang mengancam persatuan tersebut, persatuan dan kesatuan masih bisa dipertahankan oleh generasi bangsa. Kita sebagai generasi bangsa tidak boleh mengikuti tindakan yang dapat mengancam negara kita dan terus mempertahankan negara kita sendiri. Caranya adalah dengan menghargai sesama, tidak membeda-bedakan sesama, saling menghormati dan menghargai sesama, dan tidak boleh memandang rendah baik secara ras, suku maupun agama karena Indonesia adalah satu kesatuan. 

1 komentar:

  1. Halo kak Vivi, aku mau tanya. Selain permasalahan tersebut apa aja sih yang merupakan faktor sulitnya persatuan di negara kita?

    BalasHapus